al-Mawaddah

Majalah Keluarga Muslim ( Menuju Keluarga Sakinah, Mawaddah, dan Rohmah )

Manfaat Angin

Posted by al-Mawaddah pada 7 Maret, 2009

Subhanalloh…segar sekali udara siang hari ini, badanku tidak terasa gerah! Kenapa ya?? Padahal matahari bersinar terang, menyinari permukaan bumi…
Tahukah adik-adik apa sebabnya? Penyebabnya adalah karena ada udara yang bergerak yang biasa disebut angin. Angin yang berhembus menerpa tubuh kita membuat tubuh kita segar dan tidak terasa gerah.

Tahukah adik-adik, bahwa angin adalah makhluk Alloh yang mempunyai manfaat yang banyak bagi manusia, lho!

Apa saja sih manfaat angin bagi manusia? Baiklah, kakak akan menjelaskan beberapa manfaat angin. Simak baik-baik ya! Adik-adik tahu nelayan kan? Yaitu orang yang pekerjaannya setiap hari mencari ikan di laut dengan menggunakan perahu. Nah, nelayan kalau mencari ikan di laut mereka memanfaatkan angin untuk menggerakkan perahunya, sehingga bisa sampai di laut dan juga bisa pulang ke rumahnya setelah mendapatkan ikan.

Selain bermanfaat bagi nelayan, angin juga bermanfaat buat petani lho, yaitu membantu petani mengairi sawah mereka. Kok bisa ya… bagaimana caranya? Caranya: angin membantu menggerakkan kincir angin yang dibuat petani untuk mengambil air dari dalam sumur. Bila kincir angin itu bergerak maka air dari dalam sumur akan naik ke permukaan kemudian air dialirkan ke sawah.

Ada lagi manfaat angin yang sangat menakjubkan. Ingin tahu tidak? Pasti penasaran. Coba adik-adik perhatikan awan-awan di langit. Awan-awan itu berjalan. Tahukah adik-adik, siapa yang menjalankan awan-awan tersebut? Tentu Alloh. Nah, Alloh  mengutus angin untuk membawa awan-awan itu ke suatu tempat yang dikehendaki Alloh untuk diturunkan hujan di tempat tersebut. Nah itulah adik-adik, beberapa manfaat angin!

Untuk Orang Tua dan Para Pendidik:
1. Ajaklah anak belajar berpikir dengan mengenalkan dan memperhatikan sesuatu yang berada di sekelilingnya. Beri penjelasan kepada mereka manfaatnya bagi manusia. Hal ini akan menumbuhkan rasa kepekaan terhadap lingkungannya dan rasa ingin tahu terhadap sesuatu yang baru bagi mereka.

2. Ajarkan dan pahamkan kepada anak bahwa Alloh  menciptakan sesuatu pasti mengandung hikmah bagi manusia dan tanamkan pada diri anak untuk senantiasa mensyukuri nikmat yang telah diberikan Alloh.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: