al-Mawaddah

Majalah Keluarga Muslim ( Menuju Keluarga Sakinah, Mawaddah, dan Rohmah )

Perisai Muslim Dari Gangguan Jin

Posted by al-Mawaddah pada 28 Januari, 2008

Oleh: Abu Bakar bin Muhammad Ali al-Atsari

اللَّهُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ وَلا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ (٢٥٥)

Alloh tidak ada ilah yang haq selain Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Tidak menimpa-Nya kantuk dan tidur. Kepunyaan-Nya semua yang di langit dan di bumi. Tidak ada yang dapat memberikan syafa’at di sisi Alloh kecuali dengan seizin-Nya. Alloh mengetahui apa yang di depan dan belakang mereka. Dan mereka tidak meliputi sesuatu pun dari ilmu-Nya kecuali yang dikehendaki Alloh. Kursi Alloh meliputi langit dan bumi Dan tidaklah Alloh berat memelihara keduanya dan Dia Mahatinggi lagi Mahabesar.

Kursi Alloh meliputi langit dan bumi

Makna Kursi ditafsirkan oleh Ibnu Abbas rodhiallohuanhuma: “Kursi adalah tempat dua kaki Alloh.” Ibnu Abbas berkata: “Jika langit yang tujuh dan bumi yang tujuh dibentangkan lalu dihubungkan satu dengan lainnya maka luasnya dibandingkan dengan kursi ibarat gelang di padang pasir yang luas.” (Tafsir Ibnu Katsir 1/571 takhrij Syaikh Muqbil bin Hadi)

Faedah
1. Dikisahkan oleh Ubay bin Ka’ab rodiallohuanhu bahwasanya dia mempunyai tempat pengeringan kurma. Suatu ketika kurmanya berkurang, sehingga dia menjaganya pada suatu malam. Tiba-tiba muncul seseorang di atas tunggangan, serupa dengan anak kecil yang sudah baligh. Maka Ubay mengucapkan salam lalu orang tersebut menjawab salamnya. Ubay lantas bertanya: “Siapa kamu? Bangsa jin atau manusia?” Ia menjawab: “Jin.” Ubay berkata lagi: “Jabatlah tanganku.” Maka ia menjabat tangan Ubay. Ternyata tangannya adalah tangan anjing dan bulunya seperti bulu anjing. Ubay bertanya lagi: “Apa penyebab kedatanganmu?” Dia berkata: “Telah sampai kepada kami bahwa kamu suka bersedekah, maka kami datang untuk meminta bagian makananmu.” Ubay berkata: “Apa yang bisa menyelamatkan kami dari kalian?” Ia berkata: “Ayat Kursi dalam surat al-Baqoroh (ayat 255). Barang siapa yang membacanya di kala sore maka dia dilindungi dari kami sampai pagi dan barang siapa yang membacanya di waktu pagi maka dia dilindungi sampai sore. Tatkala pagi Ubay menemui Rosululloh shollallohu ‘alaihi wassallam kemudian menceritakan hal tersebut, maka Nabi berkata: “Si pendusta itu berkata benar.”

2. Kisah serupa dialami juga oleh Abu Huroiroh, Abu Ayyub, Zaid bin Tsabit, dan Mu’adz bin Jabal rodhiallohuanhum. Yang tidak kalah menarik ialah kisah Abu Usaid as-Sa’idi, bahwasanya tatkala dia memanen kurma lalu kurma itu disimpannya dalam sebuah kamar, datanglah jin di malam hari membuntutinya dan mencuri kurmanya serta merusaknya. Lalu dia menangkapnya dan jin itu berjanji tidak akan mengulanginya namun peristiwa itu terulang tiga kali. Sampai pada akhir kisah jin tersebut ia berkata: “Aku akan tunjukkan padamu suatu ayat yang jika kamu membacanya di rumahmu maka jin tidak akan mengganggu keluargamu dan jika dibacakan pada bejanamu maka tidak akan dapat dibuka tutupnya yaitu Ayat Kursi.” (Fathul Bari 4/616)

3. Dari manakah setan atau jin mengetahui keutamaan Ayat Kursi tersebut? Ada kemungkinan ia adalah jin yang dahulu sering mencuri wahyu dari langit dan ada juga kemungkinan mereka mendengar dari Nabi. Wallohu Ta’ala A’lam.

Satu Tanggapan to “Perisai Muslim Dari Gangguan Jin”

  1. serbagratisbuku said

    Al-Hamdulillah bagus sekali. Sebenarnya Islam sangat kaya dengan segalanya. sayangnya mengapa kaum muslimin banyak yang gak ngerti ya.
    salam kenal. ada buku bagus judulnya: berobat melalui ruqyah sesuai Quran dan sunnah. karangan Syaikh Saad bin Wahf Al-Qahtani. pengarang Hisnul Muslim. buku tersebut bisa anda download di http://serbagratisbuku.wordpress.com

    ketik aja ruqyah di kolom cari. pasti ketemu deh. wassalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: