al-Mawaddah

Majalah Keluarga Muslim ( Menuju Keluarga Sakinah, Mawaddah, dan Rohmah )

Sang Penguasa

Posted by al-Mawaddah pada 7 Maret, 2009

“Al-Malik” اْلمَلِكُ

Sang Penguasa

Assalamu’alaikum. Alhamdulillah, dengan rohmat Alloh kita berjumpa untuk mempelajari Asmaul Husna. Semoga adik-adik TARJIM tetap bersemangat beribadah dan menambah hafalan Asmaul Husna-nya karena Nabi mengatakan: ”Barang siapa yang menghafal dan mengamalkan nama-nama Alloh maka ia akan masuk Surga.”

Adik-adik, kali ini kita akan mempelajari salah satu nama Alloh yang sangat mulia, yaitu al-Malik yang artinya Raja atau Penguasa. Mana buktinya kalau Alloh mempunyai nama al-Malik? Buktinya banyak sekali, seperti firman Alloh:

Maka Maha Tinggi Alloh, Raja yang sebenarnya; tidak ada sesembahan selain Dia, Tuhan (yang mempunyai) ‘Arsy yang mulia. (QS. al-Mu’minun [23]: 17)

Arsy itu apa sih…? Arsy itu adalah singgasana Alloh di atas langit yang ke tujuh. Arsy itu lebih besar dari seluruh langit dan bumi. Wah…berarti Alloh Maha Besar ya…?! Tentu, Alloh lebih besar dari semua makhluk.
Nabi Muhammad pernah bersabda: “Alloh akan menggenggam bumi pada Hari Kiamat dan melipat langit dengan tangan kanan-Nya lalu Alloh berkata: ’Akulah Raja, mana raja-raja di dunia itu”. Subhanalloh… Adik-adik, coba perhatikan bagaimana kekuasaan Alloh itu….! Besok pada Hari Kiamat, Alloh akan menggenggam bumi dan langit yang begitu besar…!

Kenapa Alloh dinamakan al-Malik? Karena Alloh yang menciptakan langit dan bumi dan seluruh isinya, maka tentunya Alloh adalah raja dan penguasanya.

Sekarang Kakak tanya, yang menguasai gunung siapa…? Yang menguasai laut siapa…? Yang punya semua hewan dan pohon siapa…? Yang menciptakan sungai siapa…? Yang menciptakan manusia siapa….?

Ya, pintar, jawabannya adalah Alloh. Berarti Alloh itu raja di langit dan di bumi, makanya dinamakan al-Malik. Lho, Kak…kan di dunia manusia ada yang jadi raja juga…? Betul, tetapi manusia jadi raja cuma di dunia dan nggak lama. Buktinya nanti bisa mati, kalau Alloh nggak akan mati.

Sampai di sini dulu ya…Wassalamu’alaikum.

UNTUK ORANG TUA DAN PENDIDIK
1. Tuntunlah anak untuk menghafal nama Alloh yaitu al-Malik dan nama-nama Alloh yang pernah dipelajari sebelumnya beserta artinya.

2. Tanamkan keyakinan pada anak bahwa hanya Alloh saja yang menguasai alam semesta ini dan manusia tidak punya andil sama sekali dalam mengatur alam semesta.

3. Berikan pengetahuan pendahuluan bahwasanya tangan Alloh tidak serupa dengan tangan makhluk-Nya, dan bisa dicontohkan dengan perbedaan antara sesama makhluk.

4. Tancapkan keyakinan pada anak bahwa Alloh berada di atas langit dan Dia adalah Raja di langit dan di bumi.

5. Ajaklah anak untuk melihat langit, laut, pantai, dan gunung untuk membuktikan kekuasaan Alloh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: